"Mengapa Saya?"

Posted by Lembaga Muslimah DPC Wahdah Islamiyah Bandung On Jumat, 26 Maret 2010 0 komentar
Takkala kau mendapatkan suatu kebahagiaan.. pernahkah kau bertanya "mengapa saya? "
Jawabannya.. karena Allah begitu Maha Kasih Sayang kepada setiap hambaNya.. makanya Dia memilihmu untuk merasakan kebahagiaan itu.. maka sudah sepantasnya kau bersyukur..

Takkala kau mendapatkan suatu musibah.. pernahkan kau bertanya "mengapa saya?"
Jawabannya.. karena Allah begitu Maha Kasih Sayang kepada setiap hambaNya.. makanya Dia memilihmu.. karena hanya kau yang pantas menghadapinya.. karena kaulah yang mampu menghadapinya.. karena kaulah yang kuat menghadapinya.. dari hamba-hambaNya yang lain.. karena kau pilihanNya..  dan Dia tak pernah salah dalam memilih.. Dia tak pernah salah alamat dalam memberi.. dan pemberianNya pasti yang terbaik.. karena Dia ingin memilihmu termasuk dalam golongan hamba2Nya yang sabar.. Karena Dia bersama orang2 yang sabar.. maka betapa beruntungnya dirimu.. maka sudah seharusnya kau ikhlas menerima & bersabar..

..Ketika begitu banyak alasan untuk bersabar & bersyukur.. 'mengapa' masih sulit untuk dilakukan???


***
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun’.” (QS: Al Baqoroh: 155-156)

Rosululloh shollallohu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Ketahuilah, sesungguhnya apabila umat ini seluruhnya berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu maka mereka tidak akan bisa memberi manfaat kecuali yang telah Alloh tetapkan untukmu. Dan apabila mereka berkumpul untuk menimpakan bahaya kepadamu, maka niscaya mereka tidak akan mampu menimpakan kemudhorotan itu kecuali apa yang telah Alloh tetapkan untukmu.” (HR: Tirmidzi)

Rosululloh shollallohu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Sesungguhnya besarnya pahala sebanding dengan besarnya ujian. Bila Alloh suka kepada suatu kaum maka mereka akan diuji. Jika mereka ridho maka Alloh ridho dan bila dia marah maka Alloh pun akan marah padanya.” (HR: Tirmidzi)

Dari Ummu Salamah, “Tidak ada seorang muslim pun yang ditimpa suatu musibah lalu dia mengucapkan apa yang diperintahkan oleh Alloh; ‘inna lillahi wa inna ilaihi roji’un Allohumma ajirni fii mushibati wakhluf lii khoiron minha’, kecuali Alloh akan menggantikan dengan yang lebih baik darinya”. Maka ketika Abu Salamah wafat, aku bergumam, ‘Siapa seorang muslim yang lebih baik dari Abu Salamah? Sebuah keluarga yang pertama kali berhijrah kepada Rosululloh? Namun lalu aku mengucapkannya. Dan Alloh menggantikannya dengan Rosululloh’.” (HR: Muslim)


Lewat lisan Rosul-Nya Alah telah memuji orang-orang yang beriman. Semua keadaan yang di alaminya itu bernilai kebaikan. Semua keadaan itu dapat mengantarkannya pada sifat dan kedudukan terpuji di sisi Alloh Ta’ala. Yakni asalkan dapat bersikap dengan sikap yang sebagaimana mestinya pada keadaan-keadaan tersebut.
Rosululloh shollallohu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sungguh menakjubkan semua keadaan orang-orang mukmin. Sesungguhnya semua urusan yang dimilikinya itu semuanya baik, dan tidaklah hal demikian itu dimiliki kecuali hanya oleh orang-orang mukmin saja. Jika dia mendapat kesenangan maka dia bersyukur, dan itu baik baginya; dan apabila mendapatkan kesusahan dia bersabar, dan itu baik baginya.” (HR: Muslim)

Maka kalau kita perhatikan maka tidaklah seseorang itu keluar dari dua keadaan, yaitu yang menyenangkan dan yang menyusahkan. Di balik dua keadaan ini ternyata Alloh telah menyediakan pahala yang besar; yakni bila mendapati sesuatu yang menyusahkan maka bersabar, dan sebaliknya bila mendapati sesuatu yang menyenangkan dia akan bersyukur. Sehingga dalam kondisi apapun juga, seorang mukmin selalu mendapatkan kesempatan untuk menuai pahala.

..jadi betapa beruntungNya menjadi seorang mu'min..
..jadi ketika kau bertanya "mengapa saya" harus bersabar & bersyukur?  maka jawabannya adalah karena kau seorang mu'min.. *Lovely toBe a mu'min* :)

Nokesha@Bandung, 071209
pernah dimuat di www.lovelytobeamuslimah.blogspot.com

0 komentar to "Mengapa Saya?"

Posting Komentar