Arab Saudi Gelar Konferensi Al-Quran Pertama di Jeddah

Posted by Lembaga Muslimah DPC Wahdah Islamiyah Bandung On Selasa, 04 Mei 2010 0 komentar
Konferensi internasional tentang pengajaran Al-Quran untuk pertamakalinya akan digelar di kota Jeddah, Arab Saudi. Menurut Sekretaris Jenderal Organisasi Internasional Penghafalan Al-Quran, Abdullah Basfar, saat ini masih ada jutaan Muslim yang tidak bisa membaca Al-Quran bahkan untuk surat-surat pendek.

Untuk itu, lewat konferensi yang akan berlangsung mulai tanggal 5-7 Juni nanti, ia menyerukan agar organisasi-organisasi Muslim internasional ikut berperan dalam menyebarkan pesan-pesan dalam Al-Quran dan mengajarkan cara membacanya serta memperkuat kordinasi dan kerjasama kelompok masyarakat pegiat Al-Quran dari seluruh dunia.

Basfar mengatakan, konferensi Al-Quran ini mendapat dukungan penuh dari Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Saudi, Raja Abdullah. Konferensi mengambil tema "Kerjasama dan Integrasi Organisasi Penghafalan Al-Quran" dan akan membahas apa yang menjadi hambatan utama dalam pengajaran Al-Quran dan penghafalan Al-Quran. Konferensi ini juga akan memdiskusikan prospek penggunaan teknologi modern dan media dalam pengajaran Al-Quran.

Organisasi Internasional Penghafalan Al-Quran yang berafiliasi dengan organisasi Liga Muslim Dunia ini, sudah menyeleksi sejumlah akademisi dan ulama yang akan mempresentasikan hasil risetnya tentang dalam konferensi itu.

Saat ini, Organisasi Internasional Penghafalan Al-Quran mengelola sekolah-sekolah Al-Quran yang tersebar di 65 negara. Dari sekolah-sekolah sudah menghasilkan sekitar 30.000 penghafal Al-Quran. Organisasi ini juga menyelenggarakan berbagai kompetisi membaca dan hafalan Al-Quran untuk mendorong anak-anak muda muslim agar tertarik mempelajari Al-Quran.

Di masa mendatang, Organisasi Internasional itu rencananya akan membentuk sebuah dewan ulama level dunia sebagai referensi untuk para penghafal Al-Quran dan akan membuka sebuah stasiun televisi satelit. (ln/arabnews)

0 komentar to Arab Saudi Gelar Konferensi Al-Quran Pertama di Jeddah

Posting Komentar