Tentukan Tujuan Hidupmu (1)

Posted by Lembaga Muslimah DPC Wahdah Islamiyah Bandung On Kamis, 18 Maret 2010 0 komentar
Bacalah kenyataan yang menyedihkan ini. Sebenarnya ia adalah makhluq yang beruntung. Tidak semua makhluq ciptaan Allah seperti ia. Penciptaannya sempurna. Fisiknya dilengkapi dengan akal untuk berfikir. Ia juga dikaruniakan sebuah hati dan jiwa. Hidupnya dilengkapi dan disempurnakan dengan ditundukkannya makhluq lain untuk berkhidmat padanya.


Yah, ia sebenarnya ditakdirkan menjadi makhluq yang paling terhormat. Dan tidak hanya itu, setelah Allah memberikannya fithrah yang lurus, Allah Ta'ala bahkan mendukungnya dengan kedatangan para Nabi dan Rasul disetiap zaman. Dan mereka tidak datang sendiri. Di genggaman mereka ada petunjuk Tuhan. Apalagi jika engkau berbicara tentang sayyid mereka, Muhammad Rasulullah saw. Duh, risalah yang dibawanya tidak tertandingi. Namun –sekali lagi, bacalah kenyataan yang menyedihkan ini-, makhluq yang satu ini masih saja terombang-ambing oleh dirinya sendiri. Ia seperti tak pernah mengerti benar mengapa ia hidup. Dan engkau pasti sudah paham siapa makhluq itu. Dia adalah kita. Aku dan kau.

* * *

Sahabatku…
Di tengah kegalauan kita ini, Aku ingin mengajakmu bersama membaca torehan tinta Ibn Qudamah Al Maqdisy yang menggambarkan tentang kita berikut ini…Ia mengatakan :
"Sesungguhnya pernah terbetik dalam pikiranku untuk mempermisalkan dunia dan para penghuninya dengan para penumpang di sebuah bahtera yang terdampar di sebuah pulau disebabkan angin lautan yang sangat kencang menghantam mereka. Pulau itu sendiri adalah tambang segala permata dan batuan mulia ; yaqut, zamrud, zabarjah, mutiara, intan dan emas serta bebatuan indah lainnya dan tanaman yang beraroma harum semerbak.
Di pulau itu juga terdapat sungai-sungai yang mengalir dan aneka taman. Akan tetapi di sana juga ada sebuah wilayah yang hanya menjadi kekuasaan seorang raja. Tempat itu dikelilingi dan dibatasi oleh pagar dan tembok yang melindungi perbendaharaan kekayaan sang raja beserta semua keluarga dan budak-budaknya.
Maka tatkala para penumpang bahtera itu turun di pulau itu, kepada mereka diumumkan : "Kalian akan tinggal di pulau ini hanya dalam sehari semalam. Karenanya gunakanlah waktu kalian yang amat singkat ini untuk sedapat-dapatnya mengumpulkan mutiara-mutiara berharga yang bertebaran…".

Orang-orang yang memiliki cita-cita tinggi dan tekad yang kuat pun segera memilih dan mengambil mutiara-mutiara berharga yang dimaksud untuk kemudian menyimpannya dalam lemari-lemari penyimpanan mereka dalam bahtera itu. Mereka bersungguh-sungguh dan serius dalam bekerja. Bila keletihan menyerang mereka, mereka akan segera mengingat betapa berharganya nilai mutiara-mutiara yang telah mereka dapatkan. Mereka juga segera menguatkan hati mereka dengan mengingat betapa singkatnya waktu yang disediakan buat mereka untuk tinggal di pulau itu, dan bahwa mereka sesaat lagi akan segera pergi meninggalkannya…Mereka sadar betul bahwa saat waktu untuk pergi itu tiba, tidak ada lagi kesempatan untuk menambah perbekalan mereka.
Bila mereka mengingat itu semua, mereka tidak ingin lagi beristirahat. Mereka meninggalkan segala kesenangan, lalu melanjutkan kesungguhan dan pekerjaan mereka.
Bila rasa kantuk mulai menyerang mereka, mereka kembali mengingat itu semua hingga kenikmatan tidur itupun sirna…Keletihannya pergi…

Adapula sekelompok penumpang yang lain, mereka mengumpulkan beberapa mutiara saja lalu beristirahat dan tidur bila waktu rehat dan tidur tiba.

Sedangkan penumpang yang lainnya sama sekali tidak menyentuh mutiara-mutiara itu sedikitpun. Mereka lebih memilih untuk tidur, bersenang-senang dan berleha-leha. Di antara mereka ada yang memilih membangun rumah, istana dan bangunan yang megah. Adapula yang sekedarnya saja mengumpukan bejana dan batuan tak bernilai. Adapula yang bermain-main dan mendengarkan perkataan dusta. Mereka benar-benar hanya menyibukkan diri mereka dengan menikmati kelezatan-kelezatan, mendengarkan hikayat-hikayat serta alunan musik yang membuai. Bagi mereka,"Biji padi yang dapat dituai hari ini lebih baik daripada permata yang dijanjikan kelak."
Jenis penumpang ketiga ini mulai melirik wilayah kekuasaan sang raja. Mereka mengitarinya. Namun tidak ada pintu yang mengantarkan mereka masuk ke sana. Mereka pun mulai membuat clah dan masuk secara paksa ke dalam wilayah itu. Mereka membuka khazanah kekayaan sang raja, menghancurkan pintu-pintunya, merampas apa saja yang ada di situ dan berbuat tidak senonoh terhadap budak dan anak-anak sang raja. Mereka mengira,"Kami tidak punya tempat tinggal lain selain tempat ini."
Dan mereka terus saja berbuat seperti itu hingga masa sehari semalam itu habis…

Dan lonceng tanda keberangkatanpun dibunyikan. Panggilan untuk para penumpang pun dikumandangkan agar mereka bergegas. Bergegas menaiki bahtera lalu pergi meninggalkan pulau itu…

Mereka yang telah mengumpulkan begitu banyak mutiara dan menyimpannya menyambut panggilan itu dengan suka cita. Dengan gembira mereka membawa semua hasil kerja mereka selama di pulau itu. Mereka sama sekali tidak merasa sedih, kecuali karena tidak lagi bisa mengumpulkan permata dan intan yang lebih banyak lagi…

Sedangkan kelompok penumpang yang kedua, kesedihan mereka semakin bertambah sebab mereka tidak sungguh-sungguh mengumpulkan permata-permata berharga itu. Begitu banyak kelalaian mereka. Sementara bekal yang terbawa hanya sedikit. Semakin sedihlah mereka karena mereka akan meninggalkan rumah yang telah mereka bangun…Dan mereka tidak lagi punya waktu untuk mengumpulkan bekal lebih banyak lagi…

Yang paling celaka adalah kelompok penumpang yang ketiga. Musibah mereka jauh lebih besar. Kepada mereka dikatakan,"Kalian tidak akan dilepaskan hingga kalian membawa segala yang telah kalian keluarkan dari khazanah sang raja dari pundak kalian !". Mereka akhirnya berangkat tanpa membawa bekal apapun…Menempuh perjalanan yang menakutkan….

Perjalanan bahtera itupun akhirnya berakhir juga di kota tujuan paling akhir. Di tempat itulah sang raja yang diagungkan tinggal dengan segala kekuasaannya. Pada saat bahtera itu tiba di kota ini, segera diumumkan kepada seluruh penghuni kota : "Kini telah tiba suatu kaum yang dahulu pernah singgah di sebuah pulau tambang emas dan permata…". Para penduduk kota berduyun-duyun menyambut mereka. Sang raja yang diagungkan beserta para prajuritnya begitu pula. Dan saat sang raja melihat mereka, ia bertitah : "Perlihatkanlah barang bawaan kalian padaku !".

Maka dengan suka cita, para penumpang yang telah berhasil mengumpulkan permata di pulau itu menunjukkan bawaan mereka kepada sang raja. Raja senang. Ia memuji mereka seraya berkata : "Kalian adalah orang-orang khususku, ahli majelis dan kecintaanku. Kalian boleh mendapatkan apa saja yang kalian inginkan dari kemurahanku." Sang raja kemudian mengangkat mereka menjadi raja-raja seraya memberikan kepada mereka apa yang mereka inginkan. Bila mereka meminta,mereka akan diberi. Saat mereka memberi syafa'at, syafa'at mereka dikabulkan. Apa yang mereka inginkan semua ada di situ.
Kepada mereka disampaikan,"Ambillah apa yang kalian inginkan dan putuskanlah apa yang kalian kehendaki !". Merekapun segera mengambil istana-istana, rumah-rumah tinggi dan mewah, bidadari-bidadari, taman-taman dan wilayah kekuasaan. Mereka juga mengendarai berbagai kendaraan. Berjalan diiringi para budak dan pengawal yang setia mengawal mereka.
Mereka menjadi penguasa yang selalu mengunjungi, menemani dan memandang sang raja yang diagungkan. Bila mereka meminta sesuatu, raja akan segera memberinya. Bahkan sebelum mereka memintanya pun sang rajalah yang akan terlebih dahulu memberikan pada mereka.

Bersambung...

0 komentar to Tentukan Tujuan Hidupmu (1)

Posting Komentar