Keutamaan Dakwah Ilallah & Akhlak Yang Mulia (1)

Posted by Lembaga Muslimah DPC Wahdah Islamiyah Bandung On Senin, 15 Maret 2010 0 komentar
Materi Kajian Tafsir Tematik, Setiap hari Ahad pekan 1, 4,& 5 , jam 07.00-09.00 di Masjid Al Hikmah Telkom  Jl. Muararjeun Bandung. 
Dengan pemateri Ust. Abu Yahya Purwanto, S.Si (Ketua Dewan Penasihat DPC Wahdah Islamiyah Bandung, Pengasuh Kajian Aqidah di Radio MQ FM Bandung)
 
KEUTAMAAN DAKWAH ILALLAH & AKHLAK YANG MULIA (1)

وَمَن أَحسَنُ قَولًا مِمَّن دَعا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صٰلِحًا وَقالَ إِنَّنى مِنَ المُسلِمينَ
"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata:"Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri" 
(QS. 41:33)

Dari ayat tersebut telah jelas bahwa tidak ada yang lebih baik perkataan selain mengajak kepada Allah (dakwah Ilallah). Dimana hakikat dakwah Ilallah bukan mengajak kepada pribadi ataupun kelompok, tapi mengajak kepada Allah dan menjadikan kelompok hanya sebagai sarana atau jalan untuk mengenal Allah, mengenal kebenaran/jalan yang lurus. Karena jalan yang lurus adalah jalan yang terang benderang & menyampaikan seseorang kepada Allah, berjumpa dengan Allah.

Adapun Cara Berdakwah Ilallah adalah sebagai berikut :
§       Mengajak untuk mengikuti ta’lim
§       Menasehati dalam kebenaran
§       Memberi bantahan kepada orang yang mengingkari kebenaran
§       Memerintahkan manusia untuk beribadah kepada Allah dengan segala aspek & jenis ibadah, memotivasi manusia untuk beribadah, menampakkan keindahan dari ibadah tersebut agar orang mau melakukannya.
§       Memberikan peringatan keras agar meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah & menampakkkan kejelekan apa yang dilarang oleh Allah dengan segala jalan agar membuat orang malu melakukan kejelekan tersebut, dengan cara yang membuat mereka betul-betul takut/tidak mau melakukannya. Khususnya ketika kita mengajak orang kepada tauhid / aqidah yg benar.
§       Amar ma’ruf nahi mungkar
§       Menjadikan dakwah dicintai oleh hamba-hamba Allah
§       Untuk menimbulkan kecintaan kepada ibadah & dakwah Menyebut rincian nikmat Allah & keluasan kekuasaan, & menyebut asma-asma Allah
§       Memberikan motivasi dalam mencari ilmu & petunjuk dari kitabullah dan assunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan menganjurkan untuk itu dengan segala cara untuk menyampaikan orang kepada ilmu.
§       Menganjurkan orang untuk berakhlakul karimah
§       Menganjurkan manusia untuk berbuat kebaikan, karena barangsiapa yang dinginkan kebaikan oleh Allah diberi faham akan agamanya sehingga dia mengenal hak Allah & makhlukNya (manusia Maupun hewan ternak sekalipun diatur dalam islam).
§       Membalas kejahatan dengan kebaikan & memerintahkan berbuat baik kepada orang tua.
§       Menasehati umumnya manusia di hari-hari mereka berkumpul banyak, seperti hari libur, ada keramaian, atau ketika tertimpa musibah
§       Bersegera dengan dirinya untuk beramal shaleh, orang yang baik perkataannya yang mengaku muslim & komitmen terhadap perintah Allah & jalan Allah (As Siddiqin : dakwahnya, amalnya, ilmunya), mereka menyempurnakan iman & amal shaleh & sungguh-sungguh mengikuti surah Al Ashr, mereka adalah pewaris para nabi yang palingg sempurna, sebagaimana orang yang paling jahat yaitu orang-orang  di jalan kesesaatan, dan diantara dua derajat yg tertinggi & terendah.

nokesha @Kajian Tafsir Tematik, Ahad 280210 di Masjid Al Hikmah Telkom Bandung

0 komentar to Keutamaan Dakwah Ilallah & Akhlak Yang Mulia (1)

Posting Komentar